KKN Tematik Merdeka Mengajar (KKNT-MM)

KKN Tematik Merdeka Mengajar (KKNT-MM) merupakan suatu bentuk impelemtasi Kampus Merdeka Mengajar. Melalui kegiatan KKNT-MM ini, Unsyiah berusaha untuk meningkatkan kompetensi dan peran mahasiswa sebagai agen perubahan masyarakat, meningkatkan kepekaan sosial, menumbuhkan jiwa kerelawanan, kemampuan kolaborasi dan tanggung jawab terhadap masyarakat. Melalui kegiatan KKNT-MM Unsyiah melibatkan peran serta mahasiswa dalam mengatasi permasalahan pendidikan dalam masyarakat yang tengah kesulitan akses layanan pendidikan karena bencana pendemi Covid-19 untuk mengatasi
permasalahan pembelajaran yang sedang terjadi ini. Unsyiah menggerakkan mahasiswa untuk mengatasi permasalahan pendidikan dan pembelajaran dalam masa covid, khususnya bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar, terutama dalam aspek literasi dan numerasi serta edukasi Covid-19 dan peningkatan ketahanan masyarakat dalam masa pendemi Covid-19.

Mahasiswa bersama warga masyarakat, aparatur Gampong/desa/daerah secara langsung terlibat bersama-sama melaksanakan kegiatan pendidikan khususnya literasi dan numerasi serta edukasi dan sosialisasi untuk memahami bahaya Covid-19. Kegiatan KKN Tematik Merdeka Mengajar diharapkan dapat mengasah softskill mahasiswa untuk mampu membangun kemitraan, kerjasama tim lintas disiplin keilmuan (lintas kompetensi) dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pendidikan dan pengajaran di gampong/desa/daerah. KKN Tematik Merdeka Mengajar Universitas Syiah Kuala dilaksanakan pada tahun 2020 di lokasi khusus yang ditetapkan oleh Unsyiah. KKN Tematik Merdeka Mengajar ini diharapkan mampu menjadi sarana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam melakukan kegiatan pendidikan berbasis masyarakat untuk membantu lembaga pendidikan formal yang belum berjalan sebagaimana mestinya karena wabah pendemi Covid-19.